MAKALAH
Neurosains
dalam Pembelajaran
MELATIH OTAK AUD DAN HUBUNGAN
DENGAN GERAK TUBUH
(BRAIN GYM)
KELOMPOK
2:
ANNAJMY
ILMI 1200819
FAUZIAH
ELFITRI 1200805
HANI
RESKA PUTRI 1200812
INTAN
PUTRIANA 1200793
LENI
SELVIRA 1200803
NELLA
CYNTIA 1200831
RAHMA TIKA 1200822
SRI
MURNI 1200792
WETRIA NOVIA 1200802
WIDIA
TRISA ANDANI 1200804
PENDIDIKAN GURU –PENDIDIKAN ANAK
USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2012
KATA
PENGANTAR
Syukur alhamdlillah kami ucapakan kehadiran Allah Yang Maha Esa yang
telah memberi
rahmat dan hidayah-nya.Selanjutnya syalawat beserta salam penulis memohon
kepada Allah SWT agar sampai Kepada Nabi junjungan umat sedunia Nabi Muhammad
SAW,yang telah meninggalkan dua petunjuk bagi manusia yaitu Al-Qur’an dan
sunah,sehingga penulis
dapat menyelesaikan makalah yang berjudul
melatih Otak AUD dan hubunganya dengan gerak tubuh.
Selesai penulisan makalah ini tidak
terlepas dari dorongan moril dan material,maka selayaknyalah kami mengucapkan
terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah bayak memberi kami bimbingan
pengetahuan dan ilmu kepada kami. Semoga bimbingan,dorongan,bantuan menjadi
amal kebaikan dan mendapat balasan dari allah SWT.Amin ya rabbal ‘alamin.
Penulis menyadari
makalah ini masih jauh dari sempurna,karena keterbatasan ilmu dan pengalaman
yang penulis miliki,untuk itu saran dan kritikan yang beesifat perbaikan
sangat penulis harapkan.Semoga Makalah
ini bermamfaat bagi pembaca semua dan dapat memberi sumbangan pikiran dalam kesempurnaan makalah ini.
Padang,29
April 2013
Kelompok
II
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ......................................................................................... i
DAFTAR
ISI ........................................................................................................ ii
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang .............................................................................................. 1
B.
Rumusan Masalah ........................................................................................ 1
C.
Batasan Masalah ........................................................................................... 1
D.
Tujuan ........................................................................................................... 1
BAB
II PEMBAHASAN
A.
Gerakan menyeberangi garis tengah
(themidlemovements).................. 2
Gerakan silang/cross crawl ........................................................................... 2
8 tidur/lazy 8s ............................................................................................... 3
Abjad 8/alphabet 8’s ..................................................................................... 5
Gajah/the elephant ........................................................................................ 7
Putaran leher/neck rolls ................................................................................ 9
Olengan pinggul/the rocker .......................................................................... 10
Pernapasan perut/belly breathing ................................................................. 12
Gerakan silang berbaring/cross
crawl sit-ups .............................................. 13
Mengisi energi/the energizer ........................................................................ 14
Membayangkan huruf X/think of an
X ........................................................ 16
B.
Gerakan Meregangkan
Otot/Lengthening Activities......................... 17
Burung hantu/the owl ................................................................................... 17
Mengaktifkan tangan/arm activation
........................................................... 19
Lambaian kaki/ the footlex ........................................................................... 20
Pompa betis/the calf pump ........................................................................... 22
Luncuran gravitasi/the
gravityglider ............................................................ 23
Pasang kuda-kuda/the gruonder ................................................................... 24
C.
Gerakan meningkatkan energi dan
sikap peguatan/energy exercise and deepening attitudes ............................................................................... 26
Air/water ....................................................................................................... 26
Saklarotak/brain buttons ............................................................................... 27
Tombol bumi/earthbuttns ............................................................................. 29
Tombol imbang/balance buttons ................................................................. 30
Tombol angkasa/space buttons ..................................................................... 31
Menguap berenergy/the energy yawn
.......................................................... 32
Pasang telinga/the thinking cap .................................................................... 33
Kait relaks/hook ups ..................................................................................... 35
Titik positif/positive points .......................................................................... 36
BAB
III PENUTUP
A.
Kesimpulan ........................................................................................................... 38
B.
Saran ..................................................................................................................... 38
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................... 39
Laporan Diskusi................................................................................................... 40
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Pada usia dini 0-6 tahun, otak
berkembang sangat cepat hingga 80 persen. Pada usia tersebut otak menerima dan
menyerap berbagai macam informasi, tidak melihat baik dan buruk. Itulah
masa-masa yang dimana perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak akan
mulai terbentuk. Karena itu, banyak yang menyebut masa tersebut sebagai
masa-masa emas anak (golden age). Mengingat
masa emas tersebut seharusnya orang tua memberikan brain stimulation
pada anak. Brain stimulation akan membawa dampak tumbuh kembang yang
optimal pada anak.Brain stimulation dapat dilakukan dengan berbagai
cara, salah satunya adalah dengan brain gym
Brain gym atau senam otak adalah cara sederhana yang dilakukan secara
manual dan mudah,berguna untuk melatih kinerja otak kanan dan kiri kita menjadi
seimbang. Dalam rangka Menyeimbankan Otak kiri dan kanan maka kami tertarik
mengangkat judul Melatih Otak Anak Usia Dini dan Hubunganya dengan Gerak Tubuh
(Brain Gym).
B. Perumusan
Masalah
Berdasarkan
Latar Belakang yang telah di uraikan diatas,maka dirumuskan permasalahan yaitu:Melatih Otak Anak AUD
dan Hubungannya dengan Gerak Tubuh (Brain Gym).
C.Tujuan
Untuk stimulasi otak dalam memudahkan kegiatan belajar serta membantu dalam menggerakan anggota badan, mengkoordinasikan gerak,
keterampilan, membantu dalam hal belajar di sekolah dan dalam tuntutan
penyesuaian kegiatan
0 comments:
Post a Comment