Friday, 28 November 2014

MAKALAH
Neurosains dalam Pembelajaran
MELATIH OTAK AUD DAN HUBUNGAN DENGAN GERAK TUBUH
          (BRAIN GYM)




KELOMPOK 2:

ANNAJMY ILMI                               1200819
FAUZIAH ELFITRI                          1200805
HANI RESKA PUTRI                       1200812
INTAN PUTRIANA                          1200793
LENI SELVIRA                                 1200803
NELLA CYNTIA                               1200831
RAHMA TIKA                                   1200822
SRI MURNI                                       1200792
WETRIA NOVIA                              1200802
WIDIA TRISA ANDANI                   1200804



PENDIDIKAN GURU –PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2012

KATA PENGANTAR
       Syukur alhamdlillah kami ucapakan kehadiran Allah Yang Maha Esa yang telah memberi rahmat dan hidayah-nya.Selanjutnya syalawat beserta salam penulis memohon kepada Allah SWT agar sampai Kepada Nabi junjungan umat sedunia Nabi Muhammad SAW,yang telah meninggalkan dua petunjuk bagi manusia yaitu Al-Qur’an dan sunah,sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul melatih Otak AUD dan hubunganya dengan gerak tubuh.
Selesai penulisan makalah ini tidak terlepas dari dorongan moril dan material,maka selayaknyalah kami mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah bayak memberi kami bimbingan pengetahuan dan ilmu kepada kami. Semoga bimbingan,dorongan,bantuan menjadi amal kebaikan dan mendapat balasan dari allah SWT.Amin ya rabbal ‘alamin.
Penulis menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna,karena keterbatasan ilmu dan pengalaman yang penulis miliki,untuk itu saran dan kritikan yang beesifat perbaikan sangat  penulis harapkan.Semoga Makalah ini bermamfaat bagi pembaca semua dan dapat memberi sumbangan  pikiran dalam kesempurnaan makalah ini.
      




Padang,29 April 2013


Kelompok II

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR .........................................................................................      i
DAFTAR ISI ........................................................................................................      ii

BAB I PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang ..............................................................................................      1
B.      Rumusan Masalah ........................................................................................      1
C.      Batasan Masalah ...........................................................................................      1
D.      Tujuan ...........................................................................................................      1

BAB II PEMBAHASAN
A.      Gerakan menyeberangi garis tengah (themidlemovements)..................  2
Gerakan silang/cross crawl ...........................................................................             2
8 tidur/lazy 8s ...............................................................................................             3
Abjad 8/alphabet 8’s .....................................................................................             5
Gajah/the elephant ........................................................................................             7
Putaran leher/neck rolls ................................................................................             9
Olengan pinggul/the rocker ..........................................................................             10
Pernapasan perut/belly breathing .................................................................             12
Gerakan silang berbaring/cross crawl sit-ups ..............................................             13
Mengisi energi/the energizer ........................................................................             14
Membayangkan huruf X/think of an X ........................................................             16
B.      Gerakan Meregangkan Otot/Lengthening Activities.........................             17
Burung hantu/the owl ...................................................................................             17
Mengaktifkan tangan/arm activation ...........................................................             19
Lambaian kaki/ the footlex ...........................................................................             20
Pompa betis/the calf pump ...........................................................................             22
Luncuran gravitasi/the gravityglider ............................................................             23
Pasang kuda-kuda/the gruonder ...................................................................             24
C.      Gerakan meningkatkan energi dan sikap peguatan/energy exercise and deepening attitudes ...............................................................................             26
Air/water .......................................................................................................             26
Saklarotak/brain buttons ...............................................................................             27
Tombol bumi/earthbuttns .............................................................................             29
Tombol imbang/balance buttons  .................................................................             30
Tombol angkasa/space buttons .....................................................................             31
Menguap berenergy/the energy yawn ..........................................................             32
Pasang telinga/the thinking cap ....................................................................             33
Kait relaks/hook ups .....................................................................................             35
Titik positif/positive points ..........................................................................             36
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan ...........................................................................................................     38
B.    Saran .....................................................................................................................     38

DAFTAR PUSTAKA ..........................................................................................      39
Laporan Diskusi...................................................................................................      40








BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Pada usia dini 0-6 tahun, otak berkembang sangat cepat hingga 80 persen. Pada usia tersebut otak menerima dan menyerap berbagai macam informasi, tidak melihat baik dan buruk. Itulah masa-masa yang dimana perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak akan mulai terbentuk. Karena itu, banyak yang menyebut masa tersebut sebagai masa-masa emas anak (golden age). Mengingat masa emas tersebut seharusnya orang tua memberikan brain stimulation pada anak. Brain stimulation akan membawa dampak tumbuh kembang yang optimal pada anak.Brain stimulation dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan brain gym
       Brain gym atau senam otak adalah cara sederhana yang dilakukan secara manual dan mudah,berguna untuk melatih kinerja otak kanan dan kiri kita menjadi seimbang. Dalam rangka Menyeimbankan Otak kiri dan kanan maka kami tertarik mengangkat judul Melatih Otak Anak Usia Dini dan Hubunganya dengan Gerak Tubuh (Brain Gym).
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan Latar Belakang yang telah di uraikan diatas,maka dirumuskan permasalahan yaitu:Melatih Otak Anak AUD  dan Hubungannya dengan Gerak Tubuh (Brain Gym).
C.Tujuan
Untuk stimulasi otak dalam memudahkan kegiatan belajar serta membantu dalam menggerakan anggota badan, mengkoordinasikan gerak, keterampilan, membantu dalam hal belajar di sekolah dan dalam tuntutan penyesuaian kegiatan

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment