Indikator Kelompok A untuk anak usia 4-5
tahun
Program
Pengembangan
|
KD dan
Indikator
|
Nilai
Agama dan moral
|
1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui
ciptaan-Nya
|
·Terbiasa
menyebut nama Tuhan sebagai pencipta.
·Terbiasa
mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan
|
|
1.2 Menghargai diri sendiri, orang
lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
|
·Menghormati
(toleransi) agama orang lain
·Terbiasa
mengucapkan rasa syukur terhadapciptaan Tuhan
|
|
2.13 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap jujur
|
|
·Menghargai
kepemilikan orang lain/mengembalikan benda yang bukan haknya
|
|
3.1 Mengenal kegiatan beribadah
sehari-hari
4.1Melakukan kegiatan beribadah
sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
|
·Mulai mengucapkan
doa-doa pendek dan melakukan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya
|
|
3.2 Mengenal perilaku baik dan santun
sebagai cerminan akhlak mulia
4.2 Menunjukkan perilaku santun
sebagai cerminan akhlak mulia
|
|
·Bersikap sopan
dan peduli melalui perkataan dan perbuatan-nya dengan bimbingan (misal:
mengucapkan maaf, permisi, terima kasih)
·Mulai
menunjuk-kan sikap mau menolong orang tua, pendidik,dan teman
|
|
Fisik
Motorik
|
2. 1 Memiliki perilaku
yangmencer-minkan hidup sehat
|
·Terbiasa makan
makanan bergizi seimbang
·Terbiasa
memelihara kebersihan diri dan lingkungan
|
|
3.3 Mengenal anggota tubuh, fungsi,
dangerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3 Menggunakan anggota tubuh untuk
pengembangan motorik kasar dan halus
|
|
·Melakukan berbagai
kegiatan motorik kasar dan halus yang seimbang terkontrol dan lincah
·Melakukan
kegiatan yang menunjuk-kananak mampu melakukan gerakan bergelayutan
(berkibar)
·Melakukan
kegiatan yang menunjuk-kananak mampu melakukan gerakan melompat ·meloncat,dan berlari secara
terkoordinasi
·Melakukan
kegiatan yang menunjuk-kananak mampu melempar sesuatu secara terarah
·Melakukan
kegiatan yang menunjuk-kananak mampu menangkap bola dengan tepat
·Melakukan
kegiatan yang menunjuk-kananak mampu melakukan gerakan antisipasi(misal:
permainan lempar bola)
·Melakukan
kegiatan yang menunjuk-kananak mampu menendang bola secara terarah
·Melakukan
kegiatan yang menunjuk-kananak mampu memanfaat-kan alat permainandi dalam dan
luar ruang
·Melakukan
kegiatan yang menunjuk-kananak mampu mengguna-kan anggota badan untuk
melakukan gerakan halus yang terkontrol (misal: meronce)
|
|
3.4 Mengetahui cara hidup sehat
4.4 Mampu menolong diri sendiri untuk
hidup sehat
|
|
·Mulai terbiasa
melakukan hidup bersih dan sehat
·Melakukan
kegiatan yang menunjuk-kananak mampu mengenali bagian tubuh yang harus
dilindungi dan cara melindungi dari kekerasan, termasuk kekerasan seksual
·Mulai terbiasa
mengkon-sumsi makanan dan minuman yang bersih, sehat dan bergizi
·Mengguna-kan
toilet tanpa bantuan
|
|
Kognitif
|
2.2 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap ingin tahu
|
Terbiasa
menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif danmenyelidik (seperti:aktif
bertanya, mencoba atau melakukan sesuatu untuk mendapatkan jawaban)
|
|
2.3 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap kreatif
|
|
·Kreatif dalam
menyelesaikan masalah menggunakan ide, gagasan di luar kebiasaanatau cara
yang tidak biasa atau dengan menerapkan pengetahuan atau pengalaman baru
·Menunjukkan
inisiatif dalam memilih permainan (seperti: ”ayo kita bermain pura-pura
seperti burung”)
|
|
3.5 Mengetahui dan mampu cara
memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari
secara kreatif
|
|
·Mampu
memecah-kan masalah sederhana yang dihadapi dibantu oleh orang dewasa
·Melanjutkan kegiatan
sampai selesai
|
|
3.6.Mengenal benda-benda disekitarnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lainnya)
4.6 Menyampaikan tentang apa dan
bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran,
pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, danciri-ciri lainnya) melalui berbagai
hasil karya.
|
|
·Melakukan
kegiatan yang menunjuk-kananak mampumengenal benda denganmengelom-pokkan
berbagai benda berdasarkan ukuran (misal: besar-kecil, panjang-pendek, tebal-tipis
berat-ringan
·Melakukan
kegiatan yang menunjuk-kan anak mampu mengenal benda denganmemasang-kan benda
dengan pasangannya
·Melakukan
kegiatan yang menunjuk-kan anak mampu mengenal benda denganmengurut-kan benda
berdasarkan ukuran dari yang terpendek sampai yang terpanjang,
terkecil-terbesar
·Melakukan
kegiatan yang menunjuk-kan anak mampu mengenal benda berdasarkan bentuk,
ukuran, dan warna melalui kegiatan mengelom-pokkan
·Melakukan
kegiatan yang menun-jukkan anak mampumengenal konsep besar-kecil,
banyak-sedikit, panjang-pendek, berat-ringan tinggi-rendah melalui kegiatan
membandingkan
|
|
3.7 Mengenal lingkungan sosial
(keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
4.7 Menyajikan berbagai karyanya dalam
bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan
sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
|
|
·Menyebut nama
anggota keluarga lain, teman, dan jenis kelamin mereka
·Menyebut
tempat di lingkungan sekitarnya
·Menyebut-kan
arah ke tempat yang sering dikunjungi pada radius yang lebih jauh (pasar,
taman bermain)
·Menyebut kan
dan mengetahui perlengkap-an/atribut yang berhubung-an dengan pekerjaan
orang-orang yang ada di sekitarnya
·Mengikuti
aturan
|
|
3.8Mengenal lingkungan alam (hewan,
tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8 Menyajikan berbagai karyanya dalam
bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll tentang lingkungan alam
(hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
|
·Menunjuk nama
dan kegunaan benda-benda alam
·Mengung-kapkan
hasil karya yang dibuatnya secara sederhana yang berhubung an dengan
benda-benda yang ada di lingkungan alam
·Menunjuk-kan
proses perkem-bangbiakan makhluk hidup (misal: kupu-kupu, ayam, katak)
|
|
3.9 Mengenal dan menggunakan teknologi
sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan,
dll)
4.9 Menggunakan teknologi sederhana
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll) untuk
menyelesaikan tugas dan kegiatannya
|
|
·Mengguna-kan
cara penggunaan benda-benda teknologi sederhana (misal: gunting, sekop, palu,
cangkul, pisau, gunting kuku, sikat gigi, sendokpembuka tutup botol, spons,
roda pada kendaraan)
·Mengenali
bahan bahan pembuatan tehnologi sederhana
|
|
Bahasa
|
2.14 Memiliki perilaku yang
mencerminkan sikap santun kepada orang tua, pendidik, dan teman
|
·Terbiasa ramah
menyapa siapapundenganlembut dan santun
|
|
3.10 Memahami bahasa reseptif(menyimak
dan membaca)
4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa
reseptif (menyimak dan membaca)
|
|
·Mencerita-kan
kembali apa yang didengar dengan kosakata yang terbatas
·Melaksana-kan
perintah sederhana sesuai dengan aturan yang disampaikan (misal: aturan makan
bersama)
|
|
3.11 Memahami bahasa ekspresif
(mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa
ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
|
·Mengguna-kan
kalimat pendek untuk berinteraksi dengan anakatau orang dewasa untuk
menyatakan apa yang dilihat dan dirasa
·Mencerita-kan
gambar yang ada dalam buku
·Berbicara
sesuai dengan kebutuhan (kapan harus bertanya, berpendapat)
·Bertanya
dengan mengguna-kan lebih dari 2 kata kata tanya seperti: apa, mengapa,
bagaimana, dimana
|
|
3.12 Mengenal keaksaraan awal melalui
bermain
4.12 Menunjukkan kemampuan keaksaraan
awal dalam berbagai bentuk karya
|
|
·Menulis huruf-huruf
yang dicontohkan dengan
cara meniru
·Mencerita-kan isi buku walaupun tidak
sama tulisan dengan bahasa
yang diungkapkan
·Menghubungkan
benda-benda konkret
dengan lambang bilangan
1-10
|
|
Sosial
Emosional
|
2.5 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
|
·Berani tampil di depan teman, guru, orang
tua dan lingkungan sosial lainnya,
·Berani mengemukakan keinginan atau pendapat,
·Berkomunikasi dengan orang yang belum
dikenal sebelumnya dengan pengawasan
guru
·Bangga menunjukkan hasil karya
|
|
2.6 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari
untuk melatih kedisiplinan
|
|
·Tahu akan hak nya
·Mentaati aturan kelas (kegiatan, aturan)
·Mengantri sesuai urutan, menunggu giliran
|
|
2.7 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap sabar
|
|
·Bersikap tenang, tidak lekas marah dan
dapat menunda keinginan, ·Sabarmendengarkan
ketika orang lain berbicara,
·Tidak menangis saat berpisah dengan ibunya,
·Berusaha tidak menyakiti atau membalas
dengan kekerasan
|
|
2.8 Memiliki
perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
|
·Mengambil keputusan dan melakukan pekerjaan secara mandiri
·Merencanakan,
memilih, memiliki inisiatif untuk belajaratau
melakukan sesuatu tanpa harus
dibantu atau dibantu seperlunya
·Menyelesaikan gagasannya hingga tuntas
|
|
2.9 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya
|
|
·Mengetahui perasaandan kondisitemannya
dan merespon secara wajar
·Menghargai hak/pendapat/karya orang lain
·Senang menawarkan bantuan pada teman atau
guru,
·Senang mengajak temannya untuk
berkomunikasi, bereaksi positif kepada semua
temannya.
|
|
2.10 Memiliki
perilaku yang mencerminkan
sikap kerjasama
|
|
·Senang melakukan kegiatan bersama teman
·Senang berbagi (gagasan, mainan, makanan,
dll) dengan teman
|
|
2.11 Memiliki perilaku yang dapat
menyesuaikan diri
|
|
·Memperlihatkan kemampuan diri untuk
menyesuaikan dengan situasi
·Tetap tenang saat berada di tempat baru
dengan situasi baru misalnya saat bertamu,
berada di pusat perbelanjaan, atau saat bertemu dengan guru baru
|
|
2.12 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab
|
|
·Senang menjalankan kegiatan yang jadi tugasnya (misalnya piket sebagai pemimpin harus membantu menyiapkan alat makan
·Bersediauntuk
menerima konsekuensi atau menanggung akibat atas tindakan yang diperbuat baik secara sengaja maupun
tidak disengaja, ·Mau mengakui kesalahan dengan meminta
maaf,
·Merapihkan/ membereskan mainan pada tempat
semula,
|
|
3.13 Mengenal
emosi diri dan orang lainsecara
wajar
4.13 Menunjukkan
reaksi emosi diri secara wajar
|
|
·Menjalin pertemanan dengan
anak lain
·Mempertahankan
haknya untuk melindungi diri
dengan bantuan orang lain, misal:
meminta bantuan pada
orang dewasa
|
|
3.14 Mengenali
kebutuhan, keinginan, dan minat diri
4.14 Mengungkapkan
kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara
|
|
·Memilih satu macam dari 2-3 pilihan yang
tersedia (misal: mainan, makanan,
pakaian)
·Memilih satu dari berbagai
kegiatan/ benda yang disediakan
|
|
Seni
|
2.4 Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
·Menjaga kerapihan dan kebersihan diri
·Merawat kerapihan-kebersihan-dan
keutuhan benda mainan atau milik
pribadinya
|
|
3.15 Mengenal
dan menghasilkan berbagai karya dan aktivitas seni
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas
seni dengan menggunakan berbagai
media
|
|
Menghargai
penampilan karya seni anak
lain dengan bimbingan (misal
dengan bertepuk tangan
dan memuji)
Menampil
kan karya seni sederhanadi depan
anak atau orang lain
|
Catatan:
1.Makna
kata menulis, bukan diterjemahkan sebagai stimulasi yang mengarah kepada pemaksaan ‘calistung’.
2.Tanda
(*) terkait indikator kesadaran seni, tidak diterjemahkan bahwa semua anak
harus menyukai semua jenis seni (stimulasi dapat
dilakukan berdasarkan minat dan
bakat anak).
0 comments:
Post a Comment