BONEKA TANGAN
Tema
: Lingkunganku
Sub
tema : Keluargaku
Boneka
Tangan yaitu Boneka yang jika kita bercerita dengan menggunakan boneka tersebut
dapat kita masukkan tangan kedalamnya.Boneka tanagan banyak digunakan di
sandiwara-sandiwara, untuk mengisahkan sebuah cerita, menggambarkan sebuah
kisah kehidupan atau berimajinasi.Anak-anak menggunakan boneka tangan untuk
mengungkapkan apa yang ada dipikiran mereka.Boneka tangan mendorong anak untuk
menggunakan bahasa.Selain belajar bahasa keuntungan lainnya yaitu dapat
mengembangkan sosial dan emosional.
Aspek-Aspek Yang
Dikembangkan
· Sosial Emosional
Indikator : 1. Bersikap
kooperatif
1.1.2
Dapat berkerja sama dengan teman
1.1.3
Mau bermain dengan teman
Indikator
: 2 Menunjukka sikap toleran
2.1.2
Mau berbagi dengan teman
Indikator
: 3. Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada
2.1.2.1 Mau
berbagi dengan teman
· Bahasa
Indikator
: 6.Melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
MB
6.1.2 Mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara urut
MB
6.1.3 Melanjutkan cerita atau dongeng yang telah didengar sebelumnya
· Kognitif
Indikator
: 5 Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti ayo kita
bermain pura-pura seperti burung)
5.1.1
Mengajak teman untuk bermain
5.1.2
Bermain peran
Alat
1.Gunting
2.pensil
3.penghapus
4.Jarum
5.Penggaris
Bahan
1.Kain
Flanel
2.Kain
Perca
3.Benang
wol
4.Benang
biasa
5.Karton
6.Mutiara
(untuk kalung)
Cara Pembuatan
1.Buat
pola boneka dikarton yaitu pola Badan untuk memasukkan tangan,usahakan pola ini
agak besar agar tangan guru dan anak bisa masuk, lalu buat pola wajah, rambut
dan tangan.
2.Setelah
dibuat pola di karton lalu buat pola dikain flanel dan kain perca dengan
menggunakan pola yang telah di buat di karton dengan memakai spidol atau pensil,
buat dua pola untuk bagian depan dan belakang.
3.Gunting
pola yang sudah dibentuk di kain flnel atau kain perca tadi sehingga mengikuti
pola yang ada dikarton
4.Jahit
pola yang sudah digunting sehingga kedua pola menyatu
5.Lalu
satukan antara baju dengan kepala
6.Setelah
itu Jahitkan
pola rambut, mata, hidung dan bibir ke wajah boneka tangan.
7.Beri
hiasan pada baju boneka
8.Boneka
siap dimain kan anak atau guru
Cara Penggunaan
1.Anak
memperhatikan guru menyiapkan alat peraga yang diperlukan
2.Dengan
bimbingan guru anak mengatur tempat duduknya.
3.Anak
memperhatikan guru ketika sedang menunjukan alat peraga yang telah disiapkan dan menyebutkan
nama dan tokoh-tokoh dalam cerita.
4.Guru
menyebutkan judul cerita
5.Anak
mendengarkan guru bercerita dengan melaksanakan dialog atau percakapan antar
boneka
6.Setelah
selesai bercerita guru memperlihatkan kembali seluruh boneka tangannya secara
bergantian.
7.Anak
diberi kesempatan untuk menyimpulkan isi cerita dari boneka tangan tadi dan
mmemberikan kesempatan pada anak untuk memainkan boneka tangannya secara
bersama-sama dengan teman-temannya.
Ketentuan dalam bercerita menggunakan boneka tangan
1.Guru
hendaknya hafal cerita, dapat bersuara yang membedakan antara boneka yang satu
dengan yang lainnya
2.Ada
skenario cerita
3.Menggunakan
media boneka yang dapat dimasukkan ke tangan
4.Boneka
dibuat sesuai dengan tokoh cerita, menarik bagi anak dan mudah untuk dimainkan
anak ataupun guru
5.Ukuran
boneka relatif, yang penting dapat dilihat anak dengan jelas dan digunakan oleh
tangan.
6.Pada
saat bercerita dapat menggunakan 1 atau lebih bonela tangan sesuai dengan
kebutuhan cerita
7.Boneka
tangan yang digunakan maksimal 8 buah dengan bentuk berlaianan
1 comments:
nonton yuk.. cerita anak dengan menggunakan boneka tangan yang lucu
https://youtu.be/mQ8_dRGrCqg
Post a Comment