ANALISIS KURIKULUM
Kelompok : B
/5-6
tahun
Tema :
Tanaman/
Tanaman Hias
Semester : II
Sekolah :
ASPEK PENGEMBANGAN: NILAI AGAMA DAN
MORAL (NAM)
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KI-1 Menerima ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mempercayai adanya tuhan melalui ciptaannya
|
1.1.1 Terbiasa menyebut nama
ALLAH sebagai pencipta
1.1.2 Terbiasa
mengucapkan subhan ALLAH terhadap keindahan tanaman ciptaan Allah
|
1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar sebagai rasa syukur
kepada Tuhan
|
1.2.2 terbiasa
mengucapkan alhamdulillah terhadap tanaman hias ciptaan Allah yang ada di
halaman
|
|
KI-2
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya
diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang
lain, mampu menyesuaikan diri, tanggung jawab, jujur, rendah hati dan santun
dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik, dan teman
|
2.13 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
2.13.2 Anak
terbiasa melakukan sesuatu sesuai aturan atau kesepakatan
|
KI-3.
Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik, lingkungan
sekitar,agama,teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan
PAUD dengan cara: mengamati dengan indera (melihat, mendengar, menghidu,
merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; menalar; dan
mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
|
3.1 Mengenal kegiatan
beribadah sehari-hari
3.2 Mengenal perilaku baik dan santun sebagai
cerminan akhlak mulia
|
3.1.1 Mengenal do’a-do’a pendek, melakukan ibadah sesuai dengan agamanya (misal: do’a
sebelum memulai dan selesai kegiatan)
3.2.1
Mengenal perilaku sopan dan peduli melalui perkataan dan perbuatan
|
KI-4.
Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui
bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta
mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
4.1 Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari
dengan tuntunan orang dewasa
4.2 Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan
akhlak mulia
|
4.1.1
Mengucapkan do’a-do’a pendek, melakukan ibadah sesuai dengan agamanya (misal: do’a
sebelum memulai dan selesai kegiatan)
4.2.1
Terbiasa berperilaku sopan dan peduli melalui perbuatan
|
ASPEK PENGEMBANGAN: FISIK MOTORIK
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KI-2
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya
diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang
lain, mampu menyesuaikan diri, tanggungjawab, jujur, rendah hati dan santun
dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik, dan teman
|
2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
2.1.3 Terbiasa memelihara kebersihan
diri dan lingkungan setelah membersihkan tanaman
|
KI-3.
Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik, lingkungan
sekitar,agama,teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan
PAUD dengan cara: mengamati dengan indera (melihat, mendengar, menghidu,
merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; menalar; dan
mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
|
3.3
Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik
kasar dan motorik halus
|
3.3.3
Mengenal Melakukan gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi
dalam menirukan gerrakan tanaman yang ditiup angin
3.3.4
Mengenal permainan fisik dengan aturan
3.3.5
Mengenal menggunakan tangan kanan dan kiri dalam men
|
KI-4.
Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui
bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta
mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
4.3
Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
4.3.3
Melakukan gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam,
menirukan berbagai gerakan yang teratur
4.3.4
Melakukan permainan fisik dengan aturan
4.3.5
Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri dalam berbagai aktivitas
|
ASPEK PENGEMBANGAN: KOGNITIF
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KI-2
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya
diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang
lain, mampu menyesuaikan diri, tanggungjawab, jujur, rendah hati dan santun
dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik, dan teman
|
2.2
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
2.3
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
2.2.1 Terbiasa
menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik dengan
bertanya
2.3.2 Menunjukkan
inisiatif dalam memilih permainan
|
KI-3.
Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik, lingkungan
sekitar,agama,teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan
PAUD dengan cara: mengamati dengan indera (melihat, mendengar, menghidu,
merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; menalar; dan
mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
|
3.5
Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
3.6
Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat,
suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
3.8
Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan,dll)
3.9
Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain,
peralatan pertukangan, dll)
|
3.5.2
Mengetahui cara menyelesaikan tugas meskipun menghadapi kesulitan
3.5.3
Mengenal perencanaan pelaksanaan kegiatan
3.6.1
Mengenal benda dengan mengelompokkan berbagai benda di lingkungannya
berdasarkan ukuran, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya
3.6.3
Mengenal nama benda dengan tulisan sederhana melalui berbagai aktivitas
3.6.5
Mengenal pola ABCD-ABCD
3.6.6
Mengenal urutan lima seriasi atau lebih berdasarkan warna, bentuk, ukuran,
atau jumlah
3.6.9
Mengenal lambang bilangan 1-10
3.6.10
Mengenal lambang bilangan untuk menghitung
3.6.11
Mengetahui bilangan dengan lambang bilangan
3.8.1
Mengetahui hubungan dirinya dengan alam
3.8.3
Mengenal berbagai percobaab sederhana bersifta sains
3.8.4
Mengenal sebab akibat tentang lingkungan (angin bertiup menyebabkan daun
bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah)
3.9.1
Mengenal kegiatan dengan menggunakan alat teknologi sederhana sesuai
fungsinya secara aman dan bertanggung jawab.
3.9.3
Mengetahui proses kerja sesuai dengan prosedurnya
|
KI-4.
Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui
bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta
mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
4.5
Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
4.6
Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya
(nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
4.8
Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan,
tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan)
4.9
Menggunakan teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
|
4.5.2
Dapat menyelesaikan tugas meskipun menghadapi kesulitan
4.5.3
Dapat menyusun perencanaan kegiatan
4.6.1 Mengidentifikasikan benda dengan
mengelompokkan berbagai benda di lingkungannya berdasarkan ukuran, sifat,
suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya
4.6.3
Menghubungkan nama benda dengan
tulisan sederhana melalui berbagai aktivitas
4.6.5
Membuat pola ABCD-ABCD
4.6.6
Mampu mengurutkan lima seriasi atau lebih berdasarkan warna, bentuk, ukuran,
atau jumlah
4.6.9
Menyebutkan lambang bilangan 1-10
4.6.10
Menggunakan lambang bilangan untuk menghitung
4.6.11
Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan
4.8.1
Memperlihatkan adanyan hubungan dirinya dengan alam
4.8.3
Melakukan berbagai percobaan sederhana bersifta sains
4.8.4
l Menyebutkan sebab akibat tentang lingkungan (angin bertiup menyebabkan daun
bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah)
4.9.1
Melakukan kegiatan dengan menggunakan alat teknologi sederhana sesuai
fungsinya secara aman dan bertanggung jawab.
4.9.3Melakukan
proses kerja sesuai dengan prosedurnya.
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KI-3. Mengenali diri,
keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, agama,teknologi, seni, dan
budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan
indera (melihat,
mendengar, menghidu, merasa,
meraba); menanya; mengumpulkan
informasi; menalar; dan
mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
|
3.10
Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
3.11
Mengenal bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa verbal dan non verbal)
3.12
Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
|
3.10.1
Mengenal apa yang didengar dengan kosakata yang lebih banyak
3.10.2
Mengetahui perintah yang lebih kompleks sesuai dengan aturan yang
disampaikan
3.10.3
Mengenal kalimat yang lebih kompleks
3.10.4
memahami informasi yang didengarnya (tata tertib , aturan permainan)
3.11.1
mengenal keinginan, perasaan, dan pendapat dengan kalimat sederhana dalam
berkomunikasi dengan anak atau orang dewasa.
3.11.3
mengenal perasaan ide dengan pilihan kata sesuai ketika berkomunikasi
3.11.5
mengenal kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
3.11.6
mengenal cerita dengan merangkai gambar seri
3.12.1
Mengenal bentuk-bentuk simbol (pra menulis)
3.12.2
Mengenal suara huruf awal
3.12.3
Mengenal lambang-lambang huruf sesuai suara/bunyi
3.12.5
Mengenal kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama.
3.12.6
Mengenal arti kata dari gabungan beberapa huruf konsonan dan vokal
3.12.9
mengenal cerita sendiri berdasarkan hasil karya yang dibuatnya
3.12.10
Mengenal angka bila diperlihatkan lambang bilangan nya (Mengucapkan
bunyi
lambang bilangan)
|
KI-4. Menunjukkan yang
diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik,
gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku
anak bera4khlak mulia
|
4.10
Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.11
Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa verbal dan non verbal)
4.12
Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk
karya
|
4.10.1
Mengungkapkan apa yang didengar dengan kosakata yang lebih banyak
4.10.2
melakukan perintah yang lebih kompleks sesuai dengan aturan yang
disampaikan
4.10.3
Menyebutkan kalimat yang lebih kompleks
4.10.4
mengetahui dan memahami informasi yang didengarnya (tata tertib , aturan permainan)
4.11.1
mengungkapkan keinginan, perasaan, dan pendapat dengan kalimat sederhana
dalam berkomunikasi dengan anak atau orang dewasa.
4.11.3
mengungkapkan perasaan ide dengan pilihan kata sesuai ketika berkomunikasi
4.11.5
menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
4.11.6
mengungkapkan cerita dengan merangkai gambar seri
4.12.1
Mengetahui bentuk-bentuk simbol (pra menulis)
4.12.2
Menyebutkan suara huruf awal
4.12.3
Mengetahui lambang-lambang huruf sesuai suara/bunyi
4.12.5
Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama.
4.12.6
Menyebutkan arti kata dari gabungan beberapa huruf konsonan dan vokal
4.12.9
mengungkapkan cerita sendiri berdasarkan hasil karya yang dibuatnya
4.12.10
Menyebutkan angka bila diperlihatkan lambang bilangan nya (Mengucapkan
bunyi
lambang bilangan)
|
ASPEK PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KI-2Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu,
kreatif dan etetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai
dan toleran kepada orang lain, mampu menyesuaikan diri, jujur, rendah hati
dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik, dan teman |
2.5
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
2.6
memiliki prilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari
untuk melatih kedisiplinan.
2.7
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu gilirin, mau
mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
2.8
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
2.9
memiliki prilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta
bantuannya
2.10
memiliki prilaku yang mencerminkan kerjasama
2.12 Memiliki
perilaku yang mencerminkan Tanggung jawab
|
2.5.2
Berani mengemukakan keinginan atau pendapat
2.5.4
Bangga menunjukkan hasil karya
2.6.1
tahu akan haknya
2.6.2
mentaati aturan kelas ( kegiatan)
2.6.3
mengantri sesuai urutan , menunggu giliran
2.7.2
Sabar mendengar ketika orang lain berbicara
2.7.4
berusaha tidak menyakiti atau membalas dengan kekerasan
2.8.1
Mengambil keputusan dan melakukan pekerjaan secara mandiri
2.8.2
merencanakan,memilih,memiliki inisiatif untuk belajar atau melakukan sesuatu
ttanpa harus di bantu
2.9.2
menghargai hak atau pendapat/karya orang lain
2.9.3
senang menawarkan bantuan pada teman /guru
2.9.4
senang mengajak temannya untuk berkomunikasi/bereaksi positif pada temannya
2.10.1
senang melakukan kegiatan bersama teman
2.12.1
senang menjalankan kegiatan yang menjadi tugasnya
2.12.4
Merapikan/membereskan mainan pada tempat semula
|
KI-3. Mengenali diri,
keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, agama,teknologi, seni, dan
budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan
indera (melihat,
mendengar, menghidu, merasa,
meraba); menanya; mengumpulkan
|
3.14
mengenali kebutuhan, keinginan dan minat diri
|
3.14.1
Mengetahui kegiatan/ benda yang sesuai yang dibutuhkan dari beberapa pilihan
yang ada
3.14.2
Mengenal cara mengungkapkan yang dirasakannya (lapar ingin makan , sakit
perlu obat)
|
KI-4 Menunjukkan yang
diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, music,
gerakan dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku
anak berakhlak mulia |
4.14
Mengungkapkan kebutuhan, keinginan, dan minat diri dengan cara yang tepat
|
4.14.1
memiliki kegiatan/ benda yang sesuai yang dibutuhkan dari beberapa pilihan
yang ada
4.14.2
mengungkapkan yang dirasakannya (lapar ingin makan , sakit perlu obat)
|
ASPEK PENGEMBANGAN SENI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KI-2
Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya
diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu menghargai dan toleran kepada orang
lain, mampu menyesuaikan diri, tanggungjawab, jujur, rendah hati dan santun
dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik, dan teman
|
2.4 Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap estetis
|
2.4.1Menjaga
kerapihan dan kebersihan diri
2.4.2
Merawat kerapihan-kebersihan-dan keutuhan benda mainan atau milik pribadinya
|
KI-3. Mengenali diri,
keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, agama,teknologi, seni, dan
budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan
indera (melihat,
mendengar, menghidu, merasa,
meraba); menanya; mengumpulkan
|
3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
|
3.15.1
Mengenal karya seni sesuai kreativitas nya misal seni mu sik, visual, gerak
dan tari yang diha silkannya dengan menggunakan alat yang sesuai.
3.15.2
Mengenal karya seni baik dalam berbagai bentuk
3.15.3
Mengetahui cara menghargai hasil karya baik dalam berbagai bentuk
|
KI-4 Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan
dipikirkan melalui bahasa, music, gerakan dan karya secara produktif dan
kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
|
4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan
berbagai media
|
4.15.1Membuat karya seni sesuai kreativitas
nya misal seni mu sik, visual, gerak dan tari yang diha silkannya dengan
menggunakan alat yang sesuai.
4.15.2
Menampilkan hasil karya seni baik dalam berbagai bentuk
4.15.3
Menghargai hasil karya baik dalam berbagai bentuk
|
0 comments:
Post a Comment