Makalah Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Sosial
Anak Usia Dini
OLEH:
Agustin
Lely Mergari
Pina
Oktaria
Hany
Reska Putri
Sri
Devi
PENDIDIKAN
PROFESI GURU (PPG) PRAJABATAN
JURUSAN
PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS
ILMU KEPENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2018
Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan
hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Pengaruh teknologi
terhadap perkembangan sosial anak, ditinjau dari sudut pandang kami ini dengan
baik meskipun banyak kekurangan didalamnya.
Kami sangat berharap makalah ini
dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai pengaruh
teknologi terhadap perkembangan sosial anak. Kami juga menyadari sepenuhnya
bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna.
Semoga makalah sederhana ini
dapat berguna bagi siapapun yang membacanya. Oleh sebab itu, kami berharap adanya
kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa
yang akan datang.
Padang, 16 Maret 2018
Penulis
i
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR........................................................................................... i
DAFTAR
ISI......................................................................................................... ii
BAB I.
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang .......................................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah...................................................................................... 1
C.
Tujuan........................................................................................................ 2
BAB II. Pembahasan
A.
Pengertian Teknologi.................................................................................. 3
B.
Contoh alat komunikasi yang sering digunakan AUD................................ 3
C.
Pengaruh teknologi terhadap perkembangan sosial AUD........................... 4
BAB III Penutup
A.
Kesimpulan................................................................................................ 8
B.
Saran.......................................................................................................... 8
ii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Saat anak sedang dalam usia dini, anak berada dalam tahap untuk mengeksplor dan berinteraksi secara
langsung terhadap dunia sekitar. Anak usia dini secara umum menghabiskan
waktunya dengan bermain dan mencoba hal-hal baru. Tidak jarang mereka bermain
dan memuaskan rasa penasaran mereka melalui teknologi, karena teknologi merupakan suatu alat yang menarik.
Namun walaupun
teknologi sesuatu yang menarik,
anak-anak seharusnya tetap menghabiskan lebih banyak waktu dengan bermain
bersama teman teman mereka. Bukan bermain dengan gadgetnya
sendirian di kamar. Tetapi sayangnya di zaman modern ini, anak-anak jauh lebih
suka menghabiskan waktunya dengan gadgetnya, bukan dengan teman teman nya.
Perkembangan teknologi
sangat berpengaruh dalam perkembangan kehidupan
manusia. Gadget telah membantu manusia dari hal yang simpel seperti mencari
informasi dengan mudah hingga ke hal-hal yang luar biasa seperti membuat
manusia dapat pergi ke bulan. Tidak dapat di pungkiri bahwa gadget sangat membantu kehidupan manusia. Belakangan
ini, penggunaan gadget tidak saja menjadi dominasi orang dewasa. Smartphone,
tablet, notebook dan aneka gadget lainnya juga sudah jamak digunakan anak-anak
kita. Fenomena ini paling mudah kita temui pada anak yang berasal dari keluarga
berada dimana gadget bukan lagi menjadi barang mewah bagi mereka. Sebagian lagi
anak memang difasilitasi oleh orang tuanya untuk sibuk ber-gadget ria agar
orang tua lebih leluasa beraktivitas tanpa perlu terus-terusan mendampingi
anaknya. Ada juga orang tua yang mungkin bermaksud mengenalkan teknologi gadget
itu sejak dini kepada anak-anaknya tanpa pengewasan. Untuk itulah kami membuat
makalah pengaruh teknologi terhadap
perkembangan sosial anak usia dini.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa pengertian teknologi?
2.
Apa contoh alat komunikasi yang sering digunakan anak usia dini yaitu computer,
gadget, internet?
3.
Bagaimana pengaruh teknologi
terhadap perkembangan sosial anak usia dini?
1
C.
Tujuan
1.
Untuk mengetahui pengertian
teknologi?
2.
Untuk mengetahui contoh alat
komunikasi yang sering digunakan anak usia dini yaitu computer, gadget, internet?
3.
Untuk mengetahui
pengaruh teknologi terhadap perkembangan sosial anak usia dini?
2
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
Pengaruh Teknologi terhadap Perkembangan Sosial Anak
Usia Dini
A.
Pengertian
Teknologi
TIK
atau Teknologi Informasi dan Komunikasi lebih dikenal dengan istiah ICT. ICT
adalah kependekan dari Information and Communication Technology. Jika
merujuk pada sejarah kemunculannya, istilah ICT mulai dikenal setelah adanya
perpaduan antara teknologi komputer, baik perangkat keras (hardware) maupun
perangkat lunak (software) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad
ke-20. Dalam pengertiannya, TIK adalah perpaduan antara teknologi informasi dan
teknologi komunikasi.
TIK
adalah payung besar terminology yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk
memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi
informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal
yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan
pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu
yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer
data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu teknologi informasi
dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan.
B.
Contoh alat komunikasi
yang sering digunakan anak usia dini yaitu computer, gadget, internet.
Adapun
contoh alat komunikasi yang sering
digunakan anak usia dini yaitu
1. Computer
Pada umumnya anak-anak sudah terbiasa dikenalkan oleh
orang tuanya komputer. Dengan memberikan game-game yang berhubungan dengan
anak-anak. Komputer merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa
komponen yang saling bekerja sama yang
membentuk suatu sistem kerja yang dapat menjalankan pekerjaan secara otomatis
berdasarkan
3
urtutan
instruksi atau program yang diberikan kepadanya sehingga dapat menghasilkan
informasi atau data yang ada. Disekolah pun pengenalan tentang komputer kepada
anak usia dini dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, berupa menggambar
dan bernyanyi. Misalnya, dengan mencoba menggeser dan mengklik mouse siswa
dapat menggambar bentuk dan mewarnai. Hasil pekerjaan menggambar anak dapat di lihat pada
layar monitor. Dengan potensi multimedia yang dimiliki, komputer dapat
digunakan untuk memainkan program-program musik dan untuk mengiringi anak-anak
bernyanyi serta guru juga bisa memberikan game edukasi pada anak usia dini.
2.
gadget,
Berdasarkan fenomena yang terjadi pada
saat sekarang ini, bahwa banyaknya anak usia dini yang sudah mengenal dan bisa
menggunakan Gadget. Gadget
merupakan salah satu teknologi yang sangat berperan pada era globalisasi ini.
Gadget adalah sebuah benda (alat atau barang eletronik)
teknologi kecil yang memiliki fungsi khusus , tetapi sering diasosiasikan
sebagai sebuah inovasi atau barang baru. Gadget selalu diartikan lebih tidak
biasa atau didisain secara lebih pintar dibandingkan dengan teknologi normal
pada masa penemuannya. Ma’ruf (2015)
3.
internet.
Internet adalah sistem global dari seluruh
jaringan komputer yang saling terhubung. Internet berasal dari bahasa latin
"inter" yang berarti "antara". Internet merupakan jaringan
yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di seluruh dunia. Banyak orang tua yang
memberikan fasilitas gadget dan komputer yang didalamnya ada fasilitas
internet. Didalam internet ada dampat positif dan negatif yang bisa ditemukan.
Ada yang layak dikonsumsi oleh anak-anak dan ada juga yang tidak layak untuk
dikonsumsi oleh anak-anak.Sehingga untuk menggunakan fasilitas internet
anak-anak harus berada dibawah pengawasan orang tua
C.
Pengaruh teknologi
terhadap perkembangan sosial anak
Pada saat bermain game yang ada
didalam perangkat komputer anak dapat merasa senang atau sedih dalam hal yang
berkaitan dengan penghayatan permainan yang sedang
4
dimainkan
(Chandra, 2006). Efek dari penggunaan permainan yang ada didalam komputer
adalah kecanduan yang mana ketika anak menggunakan dan menatap layar komputer
seperti: gadget, laptop, smartphone maka tubuh akan merasa nyaman dan merasa
tenang sehingga mengakibatkan rasa ketagihan/ kecanduan.
Ketika anak semakin sering bermain
menggunakan game komputer mengakibatkan anak sering tidak merespon saat
dipanggil oleh orang yang ada disekitarnya dan anak menjadi bersikap acuh tak
acuh kepada orang lain karena terlalu asyik dan merasa sangat nyaman ketika
sedang bermain game computer
sehingga membuat anak menjadi pasif.
Studi
terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Infant Behavior and Development menemukan
bahwa main game, menonton televisi akan meningkatkan risiko keterlambatan
perkembangan kognitif, motorik, dan bahasa pada anak usia di bawah usia dua
tahun. Semakin panjang durasi interaksi anak dengan perangkat elektronik, maka
semakin parah gangguan yang dialaminya. Para peneliti pun meyakini bahwa
apabila anak semakin tergantung pada alat elektronik, maka hubungannya dengan
orangtua pun akan merenggang dan dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan
tersebut. Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk tetap berinteraksi
dengan anak. Lakukan obrolan ringan atau bacakan dongeng sebelum tidur agar
anak bisa berinteraksi dengan Anda.
(Santoso, 2008)
Selain itu anak juga berisiko menderita
rabun dekat. Tingkat rabun dekat anak di seluruh dunia semakin meningkat.
Meskipun gangguan pada mata banyak dipengaruhi faktor keturunan, namun beberapa
ahli meyakini bahwa penggunaan gadget dan penglihatan yang
buruk ternyata saling berkait. Hal ini berhubungan juga dengan kebiasaan anak
meletakkan layar ponsel atau tablet dengan jarak yang terlalu
dekat dengan mata. Untuk menghindari risiko gangguan penglihatan pada
anak, seringlah mengajak anak beraktivitas di luar ruangan. Sebab, sebuah studi
yang dilakukan di Australia menemukan bahwa semakin jarang anak berkativitas di
luar ruangan, maka ia akan lebih berisiko menderita rabun dekat.
6
Dan Beberapa penelitian menunjukkan,
terlalu sering berinteraksi dengan perangkat elektronik memicu otak
melepaskan dopamin. Zat ini dilepaskan ketika
anak melihat sesuatu yang menarik dan penghargaan. Namun, memiliki kebiasaan
berinteraksi dengan gadget sejak kecil
membuat anak mencari penghargaan dari perangkat tersebut, akhirnya ia lebih
memilih duduk dengan gadget ketimbang
bermain dengan anak lain. Perilaku semacam ini juga menggantikan
aktivitas lain. Itulah mengapa kebiasaan interaksi dengan perangkat elektronik
dikaitkan dengan tingkat obesitas. siswa TK yang menonton televisi selama satu
jam sehari cenderung mengalami peningkatan risiko obesitas.
Selain
itu pengaruh selanjutnya adalah isolasi sosial karena hanya dimainkan sendiri
dan kurang mempergunakan interaksi dengan lingkungan sekitar. Anak-anak menjadi
bersahabat dengan media elektronik dan kurang berteman dengan teman-teman
sebaya. Anak juga menjadi lebih agresif yang bersifat adu tangkas jika waktu
yang dipergunakan untuk bermain game komputer diganggu oleh orang lain. Anak
akan menjadi marah terhadap seseorang yang berusaha mengganggu atau melarang
untuk bermain game komputer (Colweel & Payne, 2000).
7
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
A. Kesimpulan
Perkembangan teknologi sangat berpengaruh dalam perkembangan kehidupan manusia. Gadget telah membantu
manusia dari hal yang simpel seperti mencari informasi dengan mudah hingga ke
hal-hal yang luar biasa seperti membuat manusia dapat pergi ke bulan. Tidak
dapat di pungkiri bahwa gadgetsangat membantu kehidupan manusia.
Belakangan ini, penggunaan gadget tidak saja menjadi dominasi orang dewasa.
Smartphone, tablet, notebook dan aneka gadget lainnya juga sudah jamak
digunakan anak-anak kita. Fenomena ini paling mudah kita temui pada anak yang
berasal dari keluarga berada dimana gadget bukan lagi menjadi barang mewah bagi
mereka. Sebagian lagi anak memang difasilitasi oleh orang tuanya untuk sibuk
ber-gadget ria agar orang tua lebih leluasa beraktivitas tanpa perlu
terus-terusan mendampingi anaknya. Ada juga orang tua yang mungkin bermaksud
mengenalkan teknologi gadget itu sejak dini kepada anak-anaknya tanpa
pengewasan. Untuk itulah kami membuat makalah pengaruh teknologi terhadap perkembangan sosial anak usia dini.
B. Saran
Dari makalah yang telah penulis tulis, penulis mengharapkan saran dan kritikan yang membangun dari
pembaca sehingga penulis dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
8
0 comments:
Post a Comment