Sunday, 9 June 2019

Makalah Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini


Makalah Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini




OLEH:

Agustin Lely Mergari
Pina Oktaria
Hany Reska Putri
Sri Devi



PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) PRAJABATAN
JURUSAN PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU KEPENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2018
Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Pengaruh teknologi terhadap perkembangan sosial anak, ditinjau dari sudut pandang kami ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya.

Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai pengaruh teknologi terhadap perkembangan sosial anak. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna.

Semoga makalah sederhana ini dapat berguna bagi siapapun yang membacanya. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang.





Padang, 16 Maret 2018


                                                                                                            Penulis



i
DAFTAR ISI
                              
KATA PENGANTAR........................................................................................... i
DAFTAR ISI......................................................................................................... ii
BAB I. PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang .......................................................................................... 1
B.      Rumusan Masalah...................................................................................... 1
C.      Tujuan........................................................................................................ 2

BAB II. Pembahasan
A.      Pengertian Teknologi.................................................................................. 3
B.      Contoh alat komunikasi yang sering digunakan AUD................................ 3
C.      Pengaruh teknologi terhadap perkembangan sosial AUD........................... 4

BAB III Penutup
A.      Kesimpulan................................................................................................ 8
B.      Saran.......................................................................................................... 8







ii

BAB I 

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang


Saat anak sedang dalam usia dini, anak berada dalam tahap untuk mengeksplor dan berinteraksi secara langsung terhadap dunia sekitar. Anak usia dini secara umum menghabiskan waktunya dengan bermain dan mencoba hal-hal baru. Tidak jarang mereka bermain dan memuaskan rasa penasaran mereka melalui teknologi, karena  teknologi  merupakan suatu alat yang menarik.
Namun walaupun teknologi sesuatu yang menarik, anak-anak seharusnya tetap menghabiskan lebih banyak waktu dengan bermain bersama teman teman mereka. Bukan bermain dengan gadgetnya sendirian di kamar. Tetapi sayangnya di zaman modern ini, anak-anak jauh lebih suka menghabiskan waktunya dengan gadgetnya, bukan dengan teman teman nya.
Perkembangan teknologi  sangat berpengaruh dalam perkembangan kehidupan manusia. Gadget telah membantu manusia dari hal yang simpel seperti mencari informasi dengan mudah hingga ke hal-hal yang luar biasa seperti membuat manusia dapat pergi ke bulan. Tidak dapat di pungkiri bahwa gadget sangat membantu kehidupan manusia. Belakangan ini, penggunaan gadget tidak saja menjadi dominasi orang dewasa. Smartphone, tablet, notebook dan aneka gadget lainnya juga sudah jamak digunakan anak-anak kita. Fenomena ini paling mudah kita temui pada anak yang berasal dari keluarga berada dimana gadget bukan lagi menjadi barang mewah bagi mereka. Sebagian lagi anak memang difasilitasi oleh orang tuanya untuk sibuk ber-gadget ria agar orang tua lebih leluasa beraktivitas tanpa perlu terus-terusan mendampingi anaknya. Ada juga orang tua yang mungkin bermaksud mengenalkan teknologi gadget itu sejak dini kepada anak-anaknya tanpa pengewasan. Untuk itulah kami membuat makalah pengaruh teknologi terhadap perkembangan sosial anak usia dini.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian teknologi?
2.      Apa contoh alat komunikasi yang sering digunakan anak usia dini yaitu computer, gadget, internet?
3.      Bagaimana pengaruh teknologi terhadap perkembangan sosial anak usia dini?

1
C.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian teknologi?
2.      Untuk mengetahui contoh alat komunikasi yang sering digunakan anak usia dini yaitu computer, gadget, internet?
3.      Untuk mengetahui pengaruh teknologi terhadap perkembangan sosial anak usia dini?



                













2
BAB II
PEMBAHASAN
Pengaruh Teknologi terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini
A.    Pengertian Teknologi
TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi lebih dikenal dengan istiah ICT. ICT adalah kependekan dari Information and Communication Technology. Jika merujuk pada sejarah kemunculannya, istilah ICT mulai dikenal setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer, baik perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Dalam pengertiannya, TIK adalah perpaduan antara teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
TIK adalah payung besar terminology yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan.

B.     Contoh alat komunikasi yang sering digunakan anak usia dini yaitu computer, gadget, internet.
      Adapun contoh alat komunikasi yang sering digunakan anak usia dini yaitu
1.      Computer
Pada umumnya anak-anak sudah terbiasa dikenalkan oleh orang tuanya komputer. Dengan memberikan game-game yang berhubungan dengan anak-anak. Komputer merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama  yang membentuk suatu sistem kerja yang dapat menjalankan pekerjaan secara otomatis berdasarkan
3
urtutan instruksi atau program yang diberikan kepadanya sehingga dapat menghasilkan informasi atau data yang ada. Disekolah pun pengenalan tentang komputer kepada anak usia dini dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, berupa menggambar dan bernyanyi. Misalnya, dengan mencoba menggeser dan mengklik mouse siswa dapat menggambar bentuk dan mewarnai. Hasil pekerjaan menggambar anak dapat di lihat pada layar monitor. Dengan potensi multimedia yang dimiliki, komputer dapat digunakan untuk memainkan program-program musik dan untuk mengiringi anak-anak bernyanyi serta guru juga bisa memberikan game edukasi pada anak usia dini.
2.      gadget,
Berdasarkan fenomena yang terjadi pada saat sekarang ini, bahwa banyaknya anak usia dini yang sudah mengenal dan bisa menggunakan Gadget. Gadget merupakan salah satu teknologi yang sangat berperan pada era globalisasi ini. Gadget adalah sebuah benda (alat atau barang eletronik) teknologi kecil yang memiliki fungsi khusus , tetapi sering diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau barang baru. Gadget selalu diartikan lebih tidak biasa atau didisain secara lebih pintar dibandingkan dengan teknologi normal pada masa penemuannya. Ma’ruf (2015)
3.      internet.
Internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. Internet berasal dari bahasa latin "inter" yang berarti "antara". Internet merupakan jaringan yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di seluruh dunia. Banyak orang tua yang memberikan fasilitas gadget dan komputer yang didalamnya ada fasilitas internet. Didalam internet ada dampat positif dan negatif yang bisa ditemukan. Ada yang layak dikonsumsi oleh anak-anak dan ada juga yang tidak layak untuk dikonsumsi oleh anak-anak.Sehingga untuk menggunakan fasilitas internet anak-anak harus berada dibawah pengawasan orang tua

C.    Pengaruh teknologi terhadap perkembangan sosial anak

Pada saat bermain game yang ada didalam perangkat komputer anak dapat merasa senang atau sedih dalam hal yang berkaitan dengan penghayatan permainan yang sedang
4
dimainkan (Chandra, 2006). Efek dari penggunaan permainan yang ada didalam komputer adalah kecanduan yang mana ketika anak menggunakan dan menatap layar komputer seperti: gadget, laptop, smartphone maka tubuh akan merasa nyaman dan merasa tenang sehingga mengakibatkan rasa ketagihan/ kecanduan.
Ketika anak semakin sering bermain menggunakan game komputer mengakibatkan anak sering tidak merespon saat dipanggil oleh orang yang ada disekitarnya dan anak menjadi bersikap acuh tak acuh kepada orang lain karena terlalu asyik dan merasa sangat nyaman ketika sedang bermain game computer sehingga membuat anak menjadi pasif.
    Studi terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Infant Behavior and Development menemukan bahwa main game, menonton televisi akan meningkatkan risiko keterlambatan perkembangan kognitif, motorik, dan bahasa pada anak usia di bawah usia dua tahun. Semakin panjang durasi interaksi anak dengan perangkat elektronik, maka semakin parah gangguan yang dialaminya. Para peneliti pun meyakini bahwa apabila anak semakin tergantung pada alat elektronik, maka hubungannya dengan orangtua pun akan merenggang dan dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan tersebut. Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk tetap berinteraksi dengan anak. Lakukan obrolan ringan atau bacakan dongeng sebelum tidur agar anak bisa berinteraksi dengan Anda.  (Santoso, 2008)
    Selain itu anak juga berisiko menderita rabun dekat. Tingkat rabun dekat anak di seluruh dunia semakin meningkat. Meskipun gangguan pada mata banyak dipengaruhi faktor keturunan, namun beberapa ahli meyakini bahwa penggunaan gadget dan penglihatan yang buruk ternyata saling berkait. Hal ini berhubungan juga dengan kebiasaan anak meletakkan layar ponsel atau tablet dengan jarak yang terlalu dekat dengan mata. Untuk menghindari risiko gangguan penglihatan pada anak, seringlah mengajak anak beraktivitas di luar ruangan. Sebab, sebuah studi yang dilakukan di Australia menemukan bahwa semakin jarang anak berkativitas di luar ruangan, maka ia akan lebih berisiko menderita rabun dekat.


6
    Dan Beberapa penelitian menunjukkan, terlalu sering berinteraksi dengan perangkat elektronik memicu otak melepaskan dopamin. Zat ini dilepaskan ketika anak melihat sesuatu yang menarik dan penghargaan. Namun, memiliki kebiasaan berinteraksi dengan gadget sejak kecil membuat anak mencari penghargaan dari perangkat tersebut, akhirnya ia lebih memilih duduk dengan gadget ketimbang bermain dengan anak lain. Perilaku semacam ini juga menggantikan aktivitas lain. Itulah mengapa kebiasaan interaksi dengan perangkat elektronik dikaitkan dengan tingkat obesitas. siswa TK yang menonton televisi selama satu jam sehari cenderung mengalami peningkatan risiko obesitas.

    Selain itu pengaruh selanjutnya adalah isolasi sosial karena hanya dimainkan sendiri dan kurang mempergunakan interaksi dengan lingkungan sekitar. Anak-anak menjadi bersahabat dengan media elektronik dan kurang berteman dengan teman-teman sebaya. Anak juga menjadi lebih agresif yang bersifat adu tangkas jika waktu yang dipergunakan untuk bermain game komputer diganggu oleh orang lain. Anak akan menjadi marah terhadap seseorang yang berusaha mengganggu atau melarang untuk bermain game komputer (Colweel & Payne, 2000).














7
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Perkembangan teknologi  sangat berpengaruh dalam perkembangan kehidupan manusia. Gadget telah membantu manusia dari hal yang simpel seperti mencari informasi dengan mudah hingga ke hal-hal yang luar biasa seperti membuat manusia dapat pergi ke bulan. Tidak dapat di pungkiri bahwa gadgetsangat membantu kehidupan manusia. Belakangan ini, penggunaan gadget tidak saja menjadi dominasi orang dewasa. Smartphone, tablet, notebook dan aneka gadget lainnya juga sudah jamak digunakan anak-anak kita. Fenomena ini paling mudah kita temui pada anak yang berasal dari keluarga berada dimana gadget bukan lagi menjadi barang mewah bagi mereka. Sebagian lagi anak memang difasilitasi oleh orang tuanya untuk sibuk ber-gadget ria agar orang tua lebih leluasa beraktivitas tanpa perlu terus-terusan mendampingi anaknya. Ada juga orang tua yang mungkin bermaksud mengenalkan teknologi gadget itu sejak dini kepada anak-anaknya tanpa pengewasan. Untuk itulah kami membuat makalah pengaruh teknologi terhadap perkembangan sosial anak usia dini.

B.     Saran
       Dari makalah yang telah penulis tulis, penulis mengharapkan saran dan kritikan yang  membangun dari pembaca sehingga penulis dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.










8

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment